Dermaga Apung Kota Pariaman Padang Selesai Dikerjakan

dermaga-apung-kota-pariaman-padang

dermaga-apung-kota-pariaman-padang

Pekerjaan pembangunan sebuah dermaga apung yang berada di Kota Pariaman Padang tepatnya di Pulau Tangah sudah rampung 100 persen. Tidak mengherankan, karena tujuan Pekerjaan pembangunan itu adalah untuk mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata.

Pekerjaan pembangunan dermaga apung menggunakan budget dana dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Besaran dana yang digelontorkan pemerintah pusat untuk pembangunan dermaga apung yang sudah selesai tersebut adalah Rp. 1,7 miliar dan sudah di uji coba kelayakannya.

Pemerintah Kota Pariaman hanya sebatas menerima dan mengawasi pekerjaan pembangunan dermaga apung ini sampai selesai sedangkan tender pembangunannya dilakukan langsung oleh pemerintah pusat dalam hal ini KKP RI di Jakarta.

“Kami mendapat laporan bahwa pekerjaan Dermaga Apung yang berada di pulau tangah ini sudah selesai dibangun, makanya segera kita cek langsung ke lokasi sekaligus uji coba kelayakan dermaga apung ini..!!” begitu kata Pak Muklhlis Rahman selaku Walikota Pariaman

Selain mengecek pembangunan dermaga apung ini Pak Walikota Pariaman ini juga mengecek pembangunan pedestriannya.

“Jalan setapak atau pedestrian ini baru selesai sekitar 7 % diharapkan pada akhir Bulan Januari 2018 akan selesai 100 %. Jika bicara tentang pekerjaan pembangunan rumah panggungnya, tinggal pekerjaan pemasangan atap & finishingnya saja karena nantinya Pulau Tangah ini akan menjadi destinasi wisata keluarga” begitu kata Mukhlis Rahman

Saat ke lokasi pembangunan Pak Walikota sebanyak 15 unit rumah panggung yang nantinya berfungsi sebagai tempat beristirahat dan bercanda bersama anggota keluarganya yang berwisata ke pulau ini, selain itu beliau juga meninjau pedestrian jalan setapak yang dibangun menggunakan dana APBD Kota Periaman Padang Sum Bar.
Saat meninjau Pak Walikota juga menghimbau agar pembangunan yang berkelanjutan ini sesuai dengan masterplan pulau Tangah yang sudah dibuat, kalau kita mengacu pada masterplan tersebut maka butuh waktu 3 tahun lagi baru selesai.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pariaman Padang Bpk. Zamzamil mengatakan bahwa “beberapa sarana dan prasarana pendukung lainnya masih dalam tahap pembangunan”
Mengenai berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan ini Zamzamil mengatakan “untuk pembangunan di pulau Tangah ini, manghabiskan dana sebesar Rp. 780 jt untuk pekerjaan pedestrian atau jalan setapak dan Rp. 330 juta untuk pekerjaan pembangunan 15 unit gazebo” tuturnya.

 

 

You May Also Like

About the Author: didit